Cooking Class dengan Anak TK, Pertemuan POS (Persatuan Orang Tua Siswa)


"Sabtu ini kita pertemuan POS bunda semua, mohon hadir yaa, ini rencana kita mau cooking class sama anak-anak" ketik Ketua POS kami dalam grup wa wali siswa. 

tring... trang... mulai aktif nih grup, batinku.. ramailah diskusi mamak-mamak dalam grup wa..

akhirnya disepakati akan membuat bolu kukus bentuk semangka yang lagi ramai di FYP instagram, karena bahan mudah, membuatnya pun tidak sulit. dibagilah siapa membawa apa.

Awalnya saya akan absen dan mohon ijin tidak hadir, karena bertepatan dengan agenda Webinar yang sudah saya daftar jauh hari. namun, karena Si Mbak, anak sulung saya menangis berkata "kalau ummi gak ada, Difa sedih, Difa masak sama siapa nanti, yang lain ada umminya, Difa sendiri". mendengar hal itu, jujur hati mamak mana kan yang tidak terenyuh ya,, alhasil akhirnya setelah saya melihat jadwal kembali, kami bisa hadir namun tidak sampai selesai, ijin pulang duluan.

Hari Sabtu pun tiba, walau saya sedikit terlambat, acara kami mulai dengan membaca dzikir pagi Al Matsurat terlebih dahulu, kemudian sambutan Ketua Pos yang merasa senang, bahwa makin kesini yang hadir pertemuan POS makin banyak, grup wa juga mulai makin aktif yang nimbrung diskusi. Setelahnya, sambutan dilanjutkan oleh Kepala Sekolah yang menyampaikan terkait apresiasi pada Ketua POS dan semua ibu-ibu atas keaktifannya dan review kegiatan POS yang telah dilakukan. FYI, POS kami memiliki agenda rutin:

  1. Jum'at berbagi yang dilakukan setiap 2 pekan sekali di mana membagi kotakan kue kepada masjid terdekat dengan sekolah TK kami dengan dana infaq anak-anak ataupun infaq wali siswa;
  2. Pertemuan POS wali siswa setiap bulan dengan event berbeda, bisa small class tentang tahapan perkembangan anak, creativity class membuat kerajinan, ataupun cooking class seperti hari ini.
Acara kemudian dilanjutkan dengan acara inti, cooking class, anak-anak sangat excited, kami mamak-mamak pun di bagi 2 tim, tim 1 untuk membuat bolu kukus, tim 2 untuk membuat es buah. anak-anak bisa bertukar posisi jika telah selesai di tim 1 untuk berperan juga setelahnya di tim 2.

Tim membuat bolu kukus



Tim membuat es buah


Meski terlihat sederhana, namun ajang ini membuat kami mamak-mamak juga lebih mengenal satu sama lain yang hanya sesekali bertemu ketika mengantar anak sekolah, saling berbagi peran dan saling memberi saran dengan satu tujuan, yakni agar kuenya jadi ^-^. Hal lainnya, momen ini membuat cerita memori bersama anak-anak, mengajarkan keterampilan pada mereka dengan terus mengingatkan bahwa jika memasak harus didampingi orang tua, karena mereka masih kecil dan peralatan yang ada seperti kompor, pisau, dan mixer cukup berbahaya jika tanpa pengawasan orang yang lebih tua. anak-anak juga diajarkan untuk baris rapi mengantri giliran saat menghias kue dengan wijen hitam di lapisan atas, kemudian mengisi adonan warna pink sebagai lapisan pertama, dan adonan hijau di lapisan akhir, mereka juga belajar memotong buah melon dengan rapi tanpa rebutan. Nice memories for us! 

Wajah senang kuenya jadi... yeay!!








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Samarinda, Yuk Isi Weekend ke Kebun Organik, Kebo Ledel!

Mengenal Lai, Buah Khas Kalimantan