Samarinda, Yuk Isi Weekend ke Kebun Organik, Kebo Ledel!


Weekend pada bingung mau kemana? terutama warga Samarinda, yang memang terbatas akan tersedianya pariwisata publik dengan konsep alam, ini ada wahana baru yang baru aja di Launching bulan November 2023 lalu loh...

Nama wahananya ialah Kebo Ledel yang merupakan kepanjangan dari Kebun Organik Lembah Delta, kebun ini memang dikelola secara organik, berada di perbukitan/lembah, dan dilalui aliran sungai yang bentuknya seperti delta, sehingga dinamakan seperti itu.

Kebun ini dikelola oleh sepasang suami istri yang sudah memasuki masa purna tugas. Sang istri, Bu Masriah, yang dahulu merupakan Penyuluh Pertanian, memang sangat memahami teknik budidaya tanaman yang ada di kebun ini. Sang Suami, Pak Puji pun turut ambil bagian besar dalam pengelolaan kebun ini.  Tanah kebun ini sudah mereka miliki sejak tahun 1987, namun karena saat itu akses jalan dan transportasi masih sulit dan sangat terbatas, kebun dipercayakan untuk di kelola orang di sekitar kebun, hanya agar termanfaatkan. Seiiring perkembangan daerah, akses transportasi pun dibangun, jalan sudah menjadi jalan rigid hingga memudahkan untuk dilalui, kemudian di tahun 2020 saat Pandemi COVID melanda Indonesia, mereka kemudian mulai membuka lahan yang dimulai dengan pembersihan ilalang dan rumput liar, mulai menanam bibit, dan mengembangkannya secara perlahan.


Bu Masriah, dengan berbekal ilmu dan pengalaman di lapangan kemudian mengaplikasikannya di kebun sendiri, mulai dari membuat pupuk organik cair (dari kotoran kambing), membuat perangsang tanaman organik, membuat penghambat/pengusir hama organik, semua dilakukan secara mandiri dengan komitmen memang kebun ini dikelola secara organik. 

Saat ini kebun sudah memiliki berbagai macam jenis tanaman pertanian, antara lain: bayam, buncis, terong ungu, kangkung, terong kuning, pepaya, daun pepaya Thailand, tebu, labu siam, cabe, pepaya emas, pisang, kacang panjang, timun dan sedikit buah sirsak dan buah lai. 





Awalnya kebun dikelola sebagai pengisi masa purna tugas mereka berdua, agar tetap aktif bergerak, namun saat panen, banyak masyarakat sekitar yang mulai berdatangan, dan membeli sayuran tersebut. Akhirnya kemudian perlahan mulai dikelola secara profesional, hingga saat ini dapat membuka peluang kerja, saat ini ada 2 orang tenaga kebun, dan 2 orang tenaga kuliner membantu Pak Puji dan Bu Masriah mengelola wisata kebun dan kuliner disini.

Pengelolaan kebun secara organik ini yang promosinya masih dari mulut ke mulut, mulai berkembang, apalagi ditambah beberapa pengunjung yang memberikan testimoni terkait hasil panen Kebo Ledel ini, contohnya ada seorang pengunjung yang awalnya tidak mau memetik daun bayam karena menderita asam urat, kemudian Bu Masriah pun membujuk untuk mencoba terlebih dahulu bayam yang ada di kebun ini, karena pasti akan berbeda dengan bayam biasa di pasar yang banyak menggunakan bahan kimia dalam pembudidayaannya. 

Ternyata tidak lama berselang, pengunjung tersbut kembali lagi dan membeli lagi sayur-mayur yang ada di kebun ini, beliau merasakan memang setelah mengkonsumsi sayur bayam dari sini, asam urat beliau tidak kambuh, padahal jika mengkonsumsi sayur bayam yang dibeli di pasar, asam urat beliau akan kambuh. 

Konsep Kebo Ledel, tidak ada biaya masuk wahana, pengunjung bebas mengambil sayur mayur ataupun buah-buahan yang dikendaki, kemudian akan ditimbang, dan membayar dengan hitungan biaya per kilogram.

Fasilitas yang ada pun cukup lengkap dan cukup bersih meskipun sederhana, ada musholla yang cukup luas dan tempat wudhu terpisah untuk laki-laki dan perempuan, ada toilet, dan bahkan ada kids corner (ayunan, prosotan, kolam kecil untuk berendam atau anak-anak bermain air, bahkan trampolin). 

Capek keliling kebun, petik sayur atau buah, bermain atau berenang, bisa mampir ke warung kuliner Kebo Ledel yang Bu Masriah kelola (namun jika datang secara rombongan, lebih baik komunikasi lebih dahulu ya 😊, Bu Masriah dan Pak Puji orangnya sangat ramah dan baik 😘). 

Ke depan akan dikembangkan area pemancingan sehingga Bapak-Bapak atau juga Ibu dan Anaknya bisa menikmati suasana kebun lebih lama. Kalau ingin berkemah juga bisa dicoba nih. asyik juga sepertinya! Oh iya, kebun ini sering dapat kunjungan anak-anak sekolah! 







Kebo Ledel berada di Jl. Air Terjun Pinang Seribu Sempaja Samarinda, patokannya dari wahana Air Terjun Pinang Seribu, belok kanan arah naik, terus saja, sekitar kurang lebih 300 meter disebelah kanan ada spanduk bertuliskan "Kebo Ledel", ketemu dah.. berikut maps nya ya:

https://maps.app.goo.gl/wxZfmympSQavecG58

Ada instagramnya juga loh, jika kalau mau di kepoin, silahkeun ya..





Happy Holiday yakk!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cooking Class dengan Anak TK, Pertemuan POS (Persatuan Orang Tua Siswa)

Mengenal Lai, Buah Khas Kalimantan